Meningkatkan Internal Kobo Touch

Oct 16, 2020

Sebenarnya hal ini sudah terpikirkan sejak lama, saya ingin meningkatkan internal perangkat e-reader saya menjadi lebih besar, 2GB kurang sob buat nampung komik bacaan, namun baru ada dananya sekarang, dan harga sdcard sudah menjadi lebih murah daripada sebelumnya. Sebelum saya membeli saya melakukan percobaan sederhana. yaitu

Menyalin Isi SDcard Internal Kobo

Jadi disuatu malam, sekitar seminggu yang lalu ane mencoba untuk menyalin sdcard bawaan dari Kobo Touch ini ke SDcard yang entah apa mereknya menggunakan laptop saya. Namun gagal, entah karena driver SDcard yang tidak dapat membaca partisi SDcard atau memang terjadi kerusakan fisik. Ya sudah tak pindah ke laptop sodara dan beda operasi sistem, anehnya kebaca.

Karena kebaca. Alhasil saya mencoba untuk menyalinya. Mencoba tutorial ini ternyata berhasil. Eh, itu tutorialnya pakai Windows ding, ada versi GNU/Linuxnya juga disini, tapi saat saya mencobanya ya itu. Ga kebaca partisinya, alhasil terpaksa ke Windows.

Yang penting jalan dulu. Gas hilaf.

SDCardnya nyampe

Setelah 3 hari di pengiriman akhirnya SDCard yang saya pesan pun datang dan siap untuk dipasangkan di kobo. Berikut kenampakan dari bungkusnya :

Meningkatan Internal Kobo Touch ini (versi Linux)

Meskipun saya tidak melakukan cara ini tapi cara ini bisa digunakan, jadi saya buat penjelasanya versi bahasa Indonesia.

0. Tentu bongkar dulu ye Kobo Touch kalian

  1. Pertama - tama kita menyalin SDCard internal Kobo Touch
dd if=/dev/(partisi SDCard bawaanya) of=kobo_sdcard.img bs=4M
  1. Lalu masukan sdcard baru
dd if=kobo_sdcard.img of=/dev/(partisi SDcard baru) bs=4M
  1. Expand partisi dengan alat kesukaan anda, misal anda suka pakai gparted ya silakan pakai, mau pakai fdisk ya silakan. Semisal tidak bisa di expand ya tinggal hapus saja dan buat partisi baru dengan nama “KOBOeReader”.
  2. Masukan sdcard ke Kobo Touch

Meningkatan Internal Kobo Touch (versi Windows)

Pertama kita unduh terlebih dahulu perangkat lunak yang akan kita gunakan.

0. Tentu bongkar dulu ye Kobo Touch kalian

  1. Menyalin SDCard bawaanya dengan USB Image Tool. Buka programnya kemudian masukan SDCard, kemudian tekan backup, dan nunggu. Bisa samil ngopi atau ngeteh lah.
  2. Cabut SDCard bawaan ganti dengan yang ingin dimasukan ke Kobo Touch. Caranya seperti nomer 1 tapi tahapan Backup di ganti menjadi Restore dan pilih filenya. Kemudian tinggal tunggu tahapan restore selesai.
  3. Hapus partisi paling terakhir, terus buat partisi baru yang namanya “KOBOeReader”
  4. Masukan sdcard ke Kobo Touch

Masukan SDCard dan Hidupkan

Beginilah kenampakan ketika sdcard sudah dimasukan ke e-reader, tinggal nyalakan e-reader. Semisal minta reset, reset saja. Firmware akan kembali ke default.

Tada!!! Internal anda sudah terupgrade, kini telah muat untuk mengisi apapun hingga 29GB, mau komik kah ataupun buku yang banyak sekalian.

Selesai

Tinggal pasang berberapa modifikasi software seperti KOReader (tinggal extract di folder .kobo dan ikuti langkah berikutnya) dan mod lainya kalau anda butuh modifikasi lainya.

modifikasikoboe-reader
Creative
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

nru

Trying to expand knowledge and make life more maintainable & fun.

Memulai Kehidupan Baru di Dunia Maya

Memasang gcloud SDK di Termux